Biaya PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) Pendaftaran Fidusia

Diera digital seperti sekarang ini adalah eranya keterbukaan jadi segala biaya dan administrasi dari pemerintah sudah tidak bisa di akal-akalin lagi terutama oleh mereka notaris - notaris nakal yang menarik biaya (PNBP) pendaftaran Akta Jaminan fidusia atau biaya PNBP yang lain dengan senaknya sendiri, sudah ada batas- batasanya yang telah di atur oleh pemerintah yang harus diketahui oleh semua pihak.

Di maksutkan untuk menghindarkan kerugian dari salah satu pihak terkait, dan perlu diketahui oleh para debitur  yang menjaminkan kendaran merekan untuk agunan bank atau badan keuangan lainya bahwa jaminan kendaran ini harus didaftarkan ditjen AHU  melalui aplikasi fidusia online untuk mendapatkan sertifikat jaminan fidusia.

Tanpa adanya sertifikat fidusia pihak ketiga tau kolektor tidak bisa sembarangan menyita agunan debitur.

Nah untuk masalah biayanya sendiri sudah diatur dalam aplikasi fidusia online sudah tertulis dengan jelas berapa yang harus dibayarkan oleh penerima fidusia (kreditor)  dalam hal ini adalah bank atau lembaga keuangan dan harus diketahui oleh debitur supaya tidak ada yang dirugikan.

Berikut rincian biaya yang harus dikeluarkan oleh penerima fidusia (Keditor) untuk mendaftarkan jaminan fidusia :

Nilai tanggungan 1-50 juta biaya PNBP yang harus dibayar adalah Rp.50.000,-
Nilai tanggungan 51-100 juta biaya PNBP yang harus dibayar adalah Rp.100.000,-
Nilai tanggungan 101-250 juta biaya PNBP yang harus dibayar adalah Rp.200.000,-
Nilai tanggungan 250-500 juta biaya PNBP yang harus dibayar adalah Rp.450.000,-

biaya PNBP fidusia

bisa dilihat sendiri gambar di atas jadi kalau notaris menarik biaya PNBP senenaknya sendiri alangkah baiknya ditanyakan dengan catatan biaya PNBP ini belum termasuk biaya noratis kalau biaya notarinya biasanya standar daerah.
berikut contoh voucher PNBP pendaftaran fidusia
Sumber :ahu.go.id/fidusia

Tambahan  mulai tahun 2018  untuk pembayan PNBP fidusia sudah tidak melalui bank tranfer tetapi menggunakan Aplikasi Yap ver 1.5 yang bisa di unduh secara gratis di Play Strore atau Google Play Strore.

Cara menggunakanya sangatlah mudah tidak usah capek- capek pergi kantor bank atau unit bank cukup dari smartphone android saja untuk androidnya disarankan pakai yang versi 5 ke atas.

semoga bisa memberikan pengetahuan kepada para debitur dan penerima Fidusia untuk bisa dijadikan acuan jangan sampai dirugikan oleh salah satu pihak terimakasih.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel